Sekolah Di Tutup Beralih Ke Sekolah Online

Simplenoize.com hai sahabat media, kembali lagi bersama admin kali ini admin akan membahas tentang sekolah di tutup beralih ke sekolah online. Mari simak artikel di bawah ini.

Menjelang awal tahun ajaran baru mendatang, sejumlah guru dan orang tua sisawa menyatakan khawatir dengan perkembangan akademik para siswa setelah di terapkannya pendidikan jarak jauh (PJJ) untuk menekan penularan virus Covid-19.

Mereka mengatakan, keterbatasan fasilitas pendukung hingga ketidaksiapan siswa belajar di rumah, membuat sistem itu “belum efektif” keadaan yang mengakibatkan capaaian akademik siswa “tertinggal”, menurut seorang pengamat pendidikan.

Ada orang tua siswa yang berharap anaknya segera kembali ke sekolah, tapi ada juga yang tidak sepakat kegiatan belajar secara tatap muka di berlakukan karena alasan kesehatan. Sementara, pemerintah meminta pihak terkait memanfaatkan fasilitas yang ada untuk mengoptimalkan PJJ.

Baca Juga:  Dian Sastro Mendirikan Yayasan Untuk Anak Perempuan

Anak belum siap

Selain keterbatasan fasilitas, sistem PJJ juga di nilai belum efektif karena ketidaksiapan siswa belajar di rumah. Pendi, orang tua siswa IX di sebuah sekolah di pamulang, Tanggerang Selatan, mencedritakan apa yang di amatinya.

“Berantakan (cara belajarnya). Ya anak berfikir bermain saja. Yang jelas anaknya nggak siap untuk belajar di rumah,” ujarnya.

“Kalau ujian yang jawab malah ibunya. Saat ujian, minta “jawaban” di google, jadi nggak murni gitu.” lanjutnya.

Pendi mengtakan tak masalah jika anaknyakembali bersekolah, asal protokol jaga jarak aman bisa di jalankan. Namun, sikap orang tua murid lain berbeda.

“Pilihannya itu kan keselamatan anak atau anak bodoh. Kasarnya begitu, kalu kita di suru memilih ya pilih anak selamat donk,” ujar orang tua lain.

Baca Juga:  INFORMASI PENYALURAN TUNJANGAN PROFESI GURU 2021

Ia mengatakan tak keberatan juga jika generasi pelajar saat ini, yang terdampak Covid 19, diminta mengulangi pelajaran yang tidak bisa mereka trima saat pandemi d kemudian hari.

Evaluasi PJJ

Merespon hal itu, peneliti sosilogi pendidikan LIPI, Anggi Afriansyah, mengatakan pandemi ini jelas membuat proses capaian akademik para siswa tertinggal.

“Kalau sampai akhir tahun (sekolah) hanya melakukan PJJ, dampaknya secara akademik akan tertinggal dan pasti banyk mekanisme assessment yang tak bisa di lakukan, dalam arti tes-tes sekolah.” ujar anggi

“Dalam sekolah vokasi, praktik-praktik magang tertunda. Namun, saya fikir nggak masalah di banding kita mengejar capaian kademik. Keselamatan menurut saya yang utama,” ujarnya.

Baca Juga:  Cara Cek Peserta Sergur PPGJ 2021

Anggi mengatakan dalam jangka pendek pemerintah pusat maupun darerah. Perlu melakukan evaluasi terhadap sistem PJJ untuk menemukan solusi dari masalah yang terjadi di lapangan.

Penutup

Sekian informasi yang dapat admin sampaikan semoga wabah ini segera hilang. agar anak-anak dapat sekolah dengan normal kembali, dan untuk informasi lainnya kalian dapat ikuti website kami simplenoize.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *